Sabtu, 15 Juni 2013 - 10:54:42 WIB
Pengolahan Bahan Pangan Lokal
Diposting oleh : nurhayati senong
Kategori: Informasi Publik - Dibaca: 295714 kali

Status gizi masyarakat kita masih kurang, padahal pangan dengan gizi cukup, beragam, dan berimbang sangat penting dalam pembangunan manusia yang berkualitas dan berdaya saing tinggi. Untuk mengatasi masalah tersebut akan dilakukan difusi teknologi berupa “Pengembangan pangan fungsional berbasis bahan pangan lokal untuk perbaikan gizi masyarakat”.

Kegiatan Praktek Pangan Lokal telah dilaksanakan oleh badan Ketahanan Pangan Kabupaten Luwu Timur untuk mencakup penganekaragaman dan peningkatan nilai tambah bahan pangan lokal, berupa pelatihan anggota Kelompok P2KP yang ada di Luwu Timur sehingga dihasilkan dua (2) resep cara mengolah bahan pangan lokal dan Tiga Puluh Lima (35) anggota P2KP yang dilatih agar mampu mendayagunakan bahan pangan lokal daerah setempat menjadi produk pangan fungsional bernilai ekonomi tinggi, meningkatkan daya saing dan memperluas jaringan pasar. Bahan pangan lokal potensial di daerah akan dibuat tepung atau produk lain yang sesuai agar dapat disimpan lebih lama dan dapat diperkaya dengan vitamin/mineral serta diolah menjadi berbagai produk pangan fungsional bernilai tinggi.

Dengan kegiatan ini diharapkan terjadi peningkatan nilai tambah bahan pangan lokal, peningkatan keterampilan, pengetahuan, kesadaran, dan kepedulian masyarakat dalam mengonsumsi pangan yang beragam, begizi, dan berimbang.



    0 Komentar :



    Isi Komentar :
    Nama :
    Website :
    Komentar
     
     (Masukkan 6 kode diatas)